Rabu , 1 Juli 2020

Tutorial Mendownload Arsip Video Materi Arabic Online – Versi Aplikasi Qothrunnadaa

Tidak terasa pembelajaran bahasa Arab Online via aplikasi android Qothrunnadaa Learning Centre telah berjalan setengah semester, falillahil hamdu wal minnah. Seiring berjalannya pembelajaran, banyak pula perbaikan disana-sini yang tak sedikit merupakan bentuk realisasi dari usul serta saran dari para peserta -jazaahumullahu khayran-. Salah satunya adalah agar membuat fitur tombol download materi agar video materi dapat ditonton secara offline (tanpa menggunakan akses internet) untuk memudahkan para peserta mengakses video materi agar lebih mudah dan lebih lancar karena tidak lagi menggunakan akses internet, serta memudahkan saat muraja’ah materi karena tidak lagi membutuhkan kuota untuk dapat memutar video secara berulang-ulang. Alhamdulillah, setelah mempertimbangkan usul yang sangat bagus ini fitur yang ditunggu-tunggu oleh para peserta telah terbit di member area. 

Sebagai panduan terhadap penggunaan fitur ini, maka pada artikel kali ini kami akan jelaskan mengenai Tutorial Mendownload Arsip Video Materi Arabic Online – Versi Aplikasi Qothrunnadaa.

Berikut adalah langkah-langkahnya

Langkah Pertama

Silahkan teman-teman buka Aplikasi Qothrunnadaa Learning Centre di gadget masing-masing. Setelah dibuka silahkan teman-teman login menggunakan akun teman-teman dengan NIP serta Password yang telah diberikan oleh admin, berikut tampilan utama setelah teman-teman login:

Scroll (geser) ke bawah sampai teman-teman mendapati tombol “Lihat Arsip Video Materi”, klik tombol tersebut

Langkah Kedua

Selanjutnya, akan muncul arsip kumpulan video materi yang telah dipelajaridan tiap-tiap video dibawahnya ada tombol “Download”. Silahkan teman-teman pilih materi mana saja yang ingin teman-teman download, lalu klik tombol download yang berwarna hijau.

Langkah Ketiga

Pada beberapa perangkat terkadang muncul notifikasi dari gadget untuk meminta izin perangkat agar bisa mengakses media dari aplikasi, jika muncul notifikasi ini silahkan klik “Izinkan” atau “Allow”

Biasanya setelah meng-klik “Izinkan” atau “Allow”, video akan terdownload secara otomatis dan tersimpan di gadget teman-teman. Jika belum terdownload, maka klik sekali lagi tombol download, lalu tunggu beberapa saat, proses download sedang berjalan:

Teman-teman bisa mengecek pada notifikasi bar pada bagian atas layar gadget teman-teman, ada notifikasi proses download. Proses ini berlangsung sesuai dengan kecepatan internet teman-teman masing-masing.

Langkah Keempat

Setelah proses download selesai maka akan muncul notifikasi di notifitation bar gadget teman-teman. Lalu klik dan buka untuk memutar video yang telah di download tadi.

Teman-teman juga bisa mengecek difolder file download atau galeri video di handphone teman-teman.

Alhamdulillah, video pembelajaran telah dapat teman-teman akses di smartphone teman-teman tanpa khawatir menghabiskan banyak kuota. Ada beberapa saran dari kami buat teman-teman yang ingin mendownload seluruh materi yang telah dibagikan:

  1. Dianjurkan mendownload menggunakan wifi, agar tidak menghabiskan banyak kuota internet.
  2. Pastikan memori hp teman-teman mencukupi untuk menyimpan video-video yang akan di download. Jika tidak mencukupi silahkan teman-teman menghapus beberapa file yang kurang penting atau menambahkan memori eksternal ke gadget teman-teman dan menyimpan file-file video materinya disana, agar tidak memberatkan kinerja hp

Demikian ulasan tentang Tutorial Mendownload Arsip Video Materi Arabic Online – Versi Aplikasi Qothrunnadaa. Semoga tetap semangat dalam mempelajari bahasa Arab. Jaahiduu!

Tentang Heri Suheri

Founder Qothrunnadaa Learning Centre. Alumni Ma'had Ihyaa Assunnah Tasikmalaya jurusan TBA (Takhassus Bahasa Arab) tahun 2009 dan Ma'had 'Aly Assunnah Medan (sekarang STAI As-Sunnah) tahun 2012. Berpengalaman lebih dari sepuluh tahun mengajar bahasa Arab bagi pembelajar pemula. Semoga Allah mengampuninya dan mengampuni kedua orang tuanya. Amiin

Baca Juga Artikel Berikut

Liburan Sekolah Bersama Al-Qur’an di Qothrunnadaa Learning Centre

Assalamu’alaikum teman-teman semuanya…Alhamdulillah, sudah pada libur ya sekolahnya? Bingung dan gabut pas liburan mau ngapain? …

Satu Komentar

  1. Dengan aplikasi ini lebih memudahkan kita untuk belajar bahasa Arab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.