Senin , 13 Juli 2020

Sejarah

Berawal dari beberapa orang ikhwah di Tambun, Bekasi yang meminta kami untuk membuka halaqoh Bahasa Arab. Halaqoh berjalan, namun kami terkendala oleh tempat belajar, mulai dari menumpang dan meminjam kelas di sebuah sekolah hingga belajar dirumah salah seorang ikhwah sudah rutin kami jalani hingga hitungan bulan.

Hingga suatu sore dipertengahan tahun 2017 ketika sedang jalan-jalan sore di sekitaran Tambun kami melewati sebuah ruko yang jika dilihat lokasinya sepertinya cukup strategis untuk digunakan membuka usaha, ada satu unit yang kosong baru saja ditinggal penyewanya, tergantung menjuntai di pegangan pintu rolling door ruko tersebut selembar karton bertuliskan “disewakan” padahal baru kemarin kami lihat masih ada penghuninya.  “Wah, jangan sampai keduluan orang lain nih. Siapa cepat dia dapat!”, pikir kami. Singkat kata kami bertemu dengan pemiliknya, lalu deal hari itu juga dengan harga sewanya. Esoknya kami bayarkan uang sewa tapi setelah itu bingung mau diapain nih ruko? Hehe..

Setelah itu kamipun ‘dipaksa’ untuk memunculkan ide kami agar uang sewa ini tak hangus begitu saja, harus ada usaha yang dibuka. Terlintas beberapa ide dari mulai berjualan pakaian muslim, buka bimbel mapel sekolah, atau tempat mengaji anak-anak, dll. Sambil memilih ‘niche’ yang tepat sementara kami gunakan ruko ini sebagai tempat belajar halaqoh Bahasa Arab kami diatas. Sebenarnya tujuannya hanya agar ruko ini terlihat ada kegiatan dan isinya saja, tidak ada niat sama sekali untuk membuka lembaga belajar disini. Sewa sudah dibayarkan, daripada kosong kan sayang.

Sebulan berlalu, aktivitas kami di ruko ini hanya belajar bahasa arab sepekan sekali. Lalu terbesitlah suatu ide untuk membuka kelas Bahasa Arab dan Tahsin Tilawah Al-Qur’an untuk dewasa. Benar saja, baru beberapa hari kami membuka pendaftaran, kuota sudah terpenuhi, seiring berjalannya waktu mereka merasakan kenyamanan dan kemudahan dalam mempelajari Bahasa Arab dan Al-Qur’an bersama kami di tempat ini. Alhamdulillah pembelajaran tetap istiqomah hingga hari ini bahkan berdatangan testimoni para pembelajar kami yang benar-benar merasakan pencerahan dan mudahnya belajar Bahasa Arab dengan metode pembelajaran yang kami tawarkan. Hingga saat ini kami sudah membuka beberapa program untuk ikhwan maupun akhawat, diantaranya:

1. Tahsin Tilawah Al-Qur’an
2. Bahasa Arab Dasar
3. Tahfizh Juz ‘Amma dalam 6 bulan
4. Tahsin Juz ‘Amma
5. Belajar Privat (guru datang kerumah)

Dua tahun pun berlalu hingga dipertengahan tahun 2019 ini kami mulai membuka kelas Bahasa Arab Online, dan insyaallah akan membuka program-program lainnya. Waffaqanallaah.

Alhamdulillah, dipenghujung 2019 Allah berikan kemudahan kepada kami untuk membuka cabang di Mutara Gading Timur 2, Kota Bekasi. Tentunya hal ini tidak lepas dari pertolongan Allah kemudian support serta dukungan berbagai pihak. Kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan antum semua. Harapannya, semoga dengan hal ini kami dapat berkontribusi dalam upaya mengentaskan buta huruf Al-Qur’an dan juga memberikan pencerahan kepada umat agar sedikit melek akan pentingnya mempelajari Bahasa Arab yang merupakan langkah awal bagi siapa yang ingin mendalami samudera ilmu Islam yang begitu luas.  

Demikian profil ringkas kami, adapun website ini hanyalah sarana kami untuk mempublikasikan berbagai kegiatan dan juga update informasi terbaru serta wadah untuk berbagi sedikit dan secuil ilmu yang kami miliki baik dalam bentuk artikel ataupun pembelajaran bahasa arab via online.

Kritik dan saran yang membangun dari para pembaca yang budiman adalah hal berharga yang selalu kami tunggu kedatangannya. Semoga kehadiran kami dapat memberikan manfaat untuk semuanya.

Amiin!
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

____________
Heri Suheri
(Founder Qothrunnadaa Learning Centre)