Kamis , 29 Juli 2021
التحفة الوصابية
تحميل كتاب التحفة الوصابية

Download Kitab At-Tuhfah Al-Wushabiyah

Qothrunnadaa Learning Centre – Tahu kitab matan Jurmiyah? Ah, siapa saja yang pernah mencicipi belajar ilmu nahwu pasti sudah tidak asing lagi dengan nama kitab tersebut. Ya, kitab kecil yang memiliki judul lengkap Muqaddimah Al-Aajurrumiyyah atau seringkali disebut dengan Matan Jurmiyah merupakan sebuah kitab yang wajib dikuasai oleh siapa saja yang ingin mendalami ilmu nahwu.

Kitab yang ditulis oleh seorang imam besar dalam ilmu nahwu yang bernama Ibnu Ajurum -rahimahullah- ini sudah tak diragukan lagi telah mendapatkan tempat khusus di hati kaum muslimin. Rekomendasi para ulama begitu banyak terhadapnya, menunjukkan betapa berharganya kitab ini dan bisa dikatakan ia merupakan kitab terbaik untuk dipelajari oleh para pemula.

Dari zaman ke zaman para ulama juga telah menuliskan syarah (penjelasan) terhadap kitab mungil ini, mulai dari syarah yang tipis dan ringkas hingga syarah yang tebal (muthawwal), tentunya hal ini dilakukan agar kaum muslimin mendapatkan kemudahan dalam mempelajari dan memahami maksud dari penulisnya. Diantara syarah kontemporer yang paling bagus dalam menjelaskan matan Jurmiyah ini adalah kitab At-Tuhfah Al-Wushabiyah karya Syaikh Ahmad bin Tsabit bin Sa’id Al-Wushabiy -hafizhahullah-, seorang pengajar ilmu Nahwu di Darul Hadits, Dammaj – Yaman.

التحفة الوصابية

Ket: Cover depan kitab At-Tuhfah Al-Wushabiyah

Bagi yang pernah membaca syuruhat (syarah-syarah) dari kitab matn Al-Ajurrumiyyah tentunya ia akan mendapatkan banyak sekali perbedaan antara satu kitab syarah dengan kitab syarah lainnya. Meskipun kitab yang disyarah adalah kitab yang sama tapi masing-masing kitab syarah memiliki faidah masing-masing yang saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya.

Kitab At-Tuhfah Al-Wushabiyah merupakan salah satu kitab syarah yang memiliki diferensiasi yang cukup banyak daripada syuruhat lainnya. Diantaranya:

  1. Bahasa yang digunakan sangat ringan dan mudah difahami oleh para pemula.
  2. Hampir keseluruhan contoh yang dibawakan oleh penulis berasal dari Al-Qur’an dan As-Sunnah.
  3. Penulis juga sangat perhatian terhadap akidah yang shahih, terutama dalam pembahasan tauhid asma wa shifat.
  4. Contoh-contoh yang dibawakan juga lebih memperhatikan kepada akhlak mulia. Karenanya dalam kitab ini kita tidak akan dapatkan kalimat: “Zaid memukul Amr”, sebagai contoh penerapan fi’il, fa’il dan maf’ul bih-nya.
  5. Penulis juga membawakan i’rab setiap contoh yang dibawakan pada catatan kaki.
  6. Jika terdapat perbedaan pendapat para ulama dalam hal i’rab, maka penulis selalu menyebutkan pendapat yang lebih shahih.

Demikian beberapa diferensiasi kitab At-Tuhfah Al-Wushabiyah dari syuruhat Matn Al-Ajurrumiyyah yang lainnya.

Bagi para pembaca yang ingin mendownload kitab At-Tuhfah Al-Wushabiyah dalam versi ebook dengan format PDF bisa mengunduhnya melalui tombol download dibawah ini:

Link Download Kitab Asli (Arabic Version):

Link Download Kitab Terjemahan:

Anda juga bisa membaca kitab At-Tuhfah Al-Wushabiyah di bagian akhir dari tulisan ini, tanpa harus mendownloadnya. Semoga Allah berikan balasan berupa kebaikan yang banyak untuk penulisnya. Amiiin.

Selamat membaca!

Tentang Heri Suheri

Founder Qothrunnadaa Learning Centre. Alumni Ma'had Ihyaa Assunnah Tasikmalaya jurusan TBA (Takhassus Bahasa Arab) tahun 2009 dan Ma'had 'Aly Assunnah Medan (sekarang STAI As-Sunnah) tahun 2012. Berpengalaman lebih dari sepuluh tahun mengajar bahasa Arab bagi pembelajar pemula. Semoga Allah mengampuninya dan mengampuni kedua orang tuanya. Amiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.