Kamis , 29 Juli 2021

Download Gambar Makharijul Huruf

Tiap bahasa memiliki ciri khas pelafalan kata masing-masing, hal tersebut disebabkan karena huruf-huruf yang digunakan sebagai unsur penyusun kata antara satu bahasa dengan bahasa yang lainnya memiliki perbedaan baik dari sisi tempat keluarnya (makhraj) ataupun karakternya (sifat). Misalnya huruf “r” dalam bahasa Indonesia memiliki perbedaan dari sisi cara melafalkannya dengan huruf “r” dalam bahasa Inggris, meskipun disimbolkan dengan huruf yang sama. Demikian pula huruf “ro” (ر) dalam bahasa Arab, tidak sama pelafalannya dengan huruf “r” versi Inggris maupun versi “Indo”. Ini baru satu contoh saja. Nah, kesalahan terhadap pelafalan satu huruf terkadang dapat menjadi aib atau mungkin bisa merusak orisinalitas bahkan makna dari bahasa tersebut.

Pada postingan kali ini saya tidak ingin berbicara mengenai cara pelafalan huruf dalam bahasa Inggris atau Indoensia atau bahasa apapun, disini saya hanya sedikit ingin berbagi gambar ilustrasi cara melafalkan huruf-huruf hijaiyyah untuk mempermudah teman-teman yang mungkin sedang proses belajar Al-Qur’an.

 

Bagi teman-teman yang ingin mendownload-nya dengan resolusi tinggi, barangkali untuk di print atau mungkin dicetak jadi spanduk untuk kemudian ditempel di dinding kamar silahkan mengunduhnya melalui tombol berikut (size 9.9 Mb):

Catatan:

Gambar diatas sifatnya hanya membantu saja, adapun jika ingin mengetahui cara melafalkan huruf hijaiyyah dengan benar sesuai makhraj dan sifatnya maka harus belajar melalui guru dengan sistem talaqqi wal musyafahah.

Semoga bermanfaat.

Tentang Heri Suheri

Founder Qothrunnadaa Learning Centre. Alumni Ma'had Ihyaa Assunnah Tasikmalaya jurusan TBA (Takhassus Bahasa Arab) tahun 2009 dan Ma'had 'Aly Assunnah Medan (sekarang STAI As-Sunnah) tahun 2012. Berpengalaman lebih dari sepuluh tahun mengajar bahasa Arab bagi pembelajar pemula. Semoga Allah mengampuninya dan mengampuni kedua orang tuanya. Amiin

Baca Juga Artikel Berikut

Rukun Qiro'ah Al-Quran

Rukun Qiro’ah Al-Quran

Qothrunnadaa.com – Rukun Qiro’ah Al-Quran | Melanjutkan tulisan sebelumnya yaitu tentang tingkatan dalam membaca Al-Quran, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.