Kamis , 29 Oktober 2020

Al-Qur’an dan Keutamaannya

Definisi Al-Qur'an

Al-Qur’an adalah “kalamullah” ta’ala sebagai mukjizat yang allah turunkan kepada penutup para Nabi dan Rasul, Muhammad shallahu’alaihi wassalam dengan perantara Jibril a’laihissalam yang termaktub dalam mushaf-mushaf, yang dinukil sampai kepada kita secara mutawatir, membacanya sebagai ibadah, yang dimulai dengan surah Al-Fatihah yang ditutup dengan surah An-Nas.

Fungsi Al-Qur'an

Al-Qur’an adalah kitab yang diturunkan kepada manusia sebagai nasihat, obat, petunjuk, dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. Allah subhanahu wata’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءتْكُم مَّوْعِظَةٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَشِفَاء لِّمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ ﴿٥٧﴾

قُلْ بِفَضْلِ اللّهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَلِكَ فَلْيَفْرَحُواْ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُونَ ﴿٥٨﴾

“Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. 
Katakanlah: “Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan”.  (QS. Yunus 10:57-58).

Al-Qur’an adalah kitab yang diturunkan untuk membimbing manusia menuju  jalan keselamatan, mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya dan petunjuk, serta membimbing mereka menempuh jalan yang lurus. Allah subahanahu wata’ala berfirman:

 قَدْ جَاءكُم مِّنَ اللّهِ نُورٌ وَكِتَابٌ مُّبِينٌ ﴿١٥﴾
يَهْدِي بِهِ اللّهُ مَنِ اتَّبَعَ رِضْوَانَهُ سُبُلَ السَّلاَمِ وَيُخْرِجُهُم مِّنِ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ بِإِذْنِهِ وَيَهْدِيهِمْ إِلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ ﴿١٦﴾

“Se­sungguhnya telah datang kepada kalian cahaya dari Allah, dan kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” (QS. Al-Maidah 5:15-16)

Kedudukan dan Keutamaan Al-Qur'an

Al-Qur’an adalah Kitab mulia, yang tidak ada kebathilan padanya. Allah subhanahu wata’ala berfirman: 

وَإِنَّهُ لَكِتَابٌ عَزِيزٌ ﴿٤١﴾
لَا يَأْتِيهِ الْبَاطِلُ مِن بَيْنِ يَدَيْهِ وَلَا مِنْ خَلْفِهِ تَنزِيلٌ مِّنْ حَكِيمٍ حَمِيدٍ ﴿٤٢﴾

“….dan sesungguhnya Al Quran itu adalah kitab yang mulia, Yang tidak datang kepadanya (Al Quran) kebatilan baik dari depan maupun dari belakangnya, yang diturunkan dari Rabb Yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji” (QS. Fushilat 41: 41-42)

Al-Qur’an adalah Kalamullah, tidak ada yang dapat menandinginya . Allah subhanahu wata’ala berfirman:

وَمَنْ أَصْدَقُ مِنَ اللّهِ حَدِيثًا ﴿٨٧﴾

“Dan siapakah orang yang lebih benar perkataan(nya) dari pada Allah?” (QS. An-Nisa’ 4: 87)

Al-Qur’an adalah kitab yang memiliki kedudukan sangat tinggi, diturunkan oleh Allah Yang Mahatinggi. Allah subhanahu wata’ala berfirman:

تَنزِيلًا مِّمَّنْ خَلَقَ الْأَرْضَ وَالسَّمَاوَاتِ الْعُلَى ﴿٤﴾

“yaitu diturunkan dari Allah yang menciptakan bumi dan langit yang tinggi” (QS. Thaha 20:4)

Al-Qur’an adalah mukjizat Nabi Muhammad -shallahu’alahi wassalam- yang terbesar. Allah pun berjanji untuk menjaganya dari perubahan tangan-tangan kotor manusia. Beliau bersabda yang artinya:

“Tiada seorang nabi pun melainkan ia dianugerahi tanda-tanda kenabian (mukjizat) yang dengannya manusia beriman.
Adapun mukjizat yang dianugerahkan kepadaku berupa wahyu yang allah wahyukan kepadaku, dan kelk Aku berharap memiliki pengikut yang paling banyak pada hari Kiamat”

Al-Qur’an adalah kitab yang terpelihara dan terjaga:

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ ﴿٩﴾

“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS. Al-Hijr 15:9)

Sifat-Sifat AL-Qur'an

Allah menyifati Al-Qur’an dengan sifat-sifat yang tinggi dan Julia, diantaranya:

a) Al-Qur’an Kitab yang agung. Firman Allah subhanahu wata’ala:

وَلَقَدْ آتَيْنَاكَ سَبْعًا مِّنَ الْمَثَانِي وَالْقُرْآنَ الْعَظِيمَ ﴿٨٧﴾

“Dan sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al Quran yang agung.” (QS. Al-Hijr 15: 87)

b) Al-Qur’an Kitab yang penuh Hikmah. Firman Allah subahanahu wata’ala:

يس ﴿١﴾
وَالْقُرْآنِ الْحَكِيمِ ﴿٢﴾

“Yaa siin. Demi Al Quran yang penuh hikmah” (QS. Yasin 36: 1-2)

c) Al-Qur’an Kitab yang Jelas. Firman Allah subahanahu wata’ala:

إِنْ هُوَ إِلَّا ذِكْرٌ وَقُرْآنٌ مُّبِينٌ ﴿٦٩﴾

“Al Quran itu tidak lain hanyalah pelajaran dan kitab yang jelas” (QS. Yasin 36:69)

c) Al-Qur’an Kitab yang Mulia. Firman Allah subahanahu wata’ala:

ق وَالْقُرْآنِ الْمَجِيدِ ﴿١﴾

Qaaf Demi Al Quran yang mulia” (QS. Qaf 50:1)

إِنَّهُ لَقُرْآنٌ كَرِيمٌ ﴿٧٧﴾

Sesungguhnya Al-Quran ini adalah bacaan yang sangat mulia” (QS. Al-Waqi’ah 56:77)

Al-Qur’an adalah Kalamullah, yang memiliki sifat-sfiat agung. Maka seorang hamba yang ingin mendapatkan anugerah besar dari-Nya suda seharusnya menghabiskan umurnya dengan membaca, mempelajari, serta mengamalkan kandungannya.

Kaum salaf (generasi pertama umar islam) mendapatkan pujian, keridhaan dan kemenangan dari Allah karena menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.

Dari keterangan diatas, kita mengetahui betapa agungnya Al-Qur’an yang telah Allah turunkan kepada Nabi Muhammad Shallahu’alaihi Wassalam. Karena itu, jadikanlah ia sebagai pedoman hidup kita, sebagaimana dilakukan para kaum Salaf. Dan hendaknya kita mengetahui bahwa ia diturunkan untuk tiga tujuan mulia: tilawah, tadabur, dan amal.

Syaikh Muhammad Bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah berkata:

Sesungguhnya Al-Qur’an diturunkan untuk tiga perkara: untuk ta’abud (ibadah) tilawah (dibaca), dan untuk dipahami makna-maknanya, dan untuk diamalkan.

Dengar dasar ini marilah kita mengisi hidup kita dengan membaca, mentadaburi, serta mengamalkan Al-Qur’an. Dengan upaya tersebut kita berharap rahmat dan ampunan Allah. 

Tentang Dimas Shandy

Alumnus Ma'had Nurussalam dan Alumni SMA Multi Istiqlal. Founder & CEO Pusatilmupengetahuan.com, Saintek.id, Pusilpen.onlineSemoga Allah mengampuninya dan mengampuni kedua orang tuanya. Amiin..

Baca Juga Artikel Berikut

Keutamaan Mempelajari dan Mengajarkan Al-Qur’an

Al-Qur’an adalah kalamullah yang allah turunkan kepada Rosullah shallahu’alaihi wassalam sebagai petunjuk seluruh umat manusia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.